Selasa, 06 Januari 2015

11 Fakta Menarik tentang Peredaran Darah


Sistem peredaran darah meliputi jantung, pembuluh darah dan jaringan vital lain yang berfungsi untuk memerangi penyakit dan homeostasis (menjaga keseimbangan suhu dan ph). Fungsi utama sistem peredaran darah adalah untuk mengankut darah, nutrisi, hormon dan gas dari dan menuju sel-sel di seluruh tubuh.




Berikut ini adalah fakta menarik yang mungkin anda tidak pernah tahu.
1.      Saluran sistem peredaran darah sangat panjang
Jika anda bisa memilah dan mengurutkan sistem pembuluh darah manusia dewasa dari pangkal ke ujung, maka panjang yang bisa anda hasilkan adalah 60.000 mil (100.0000 Km). 80% adalah dari pembuluh darah kapiler, yang merupakan pembuluh dara terkecil.
Sebagai perbandingan, keliling bumi adalah 25.000 mil (40.000 km), artinya satu pembuluh darah manusia bisa mengelilingi bumi 2.5 kali.
2.      Sel darah merah, selalu melewati pembuluh darah
Kapiler kecil, memiliki lebar rata-rata sekitar 8 mikron (1/3000 inci), atau sekitar sepersepuluh dari diameter rambut manusia.Ukuran yang hambir sama dengan sel darah merah, sehingga sel-sel darah merah ini harus bergerak satu per satu, seperti orang yang sedang mengantri.
Beberapa kapiler punya ukuran yang lebi kecil lagi, memaksa sel darah merah untuk merubah bentuk fisiknya agar mampu melewatinya.
3.      Semakin Besar Tubuh Semakin Lambat Denyut Jantung
Di kerajaan hewan, denyut jantung berbanding terbalik dengan ukuran tubuh: Secara umum, semakin besar hewan, semakin lambat denyut jantung nya.
Seorang manusia dewasa memiliki denyut jantung rata-rata sekitar 75 denyut per menit, hampir sama dengan denyut jantung domba dewasa.
Tapi jantung paus biru yang seukuran mobil, denyut jantungnya bisa mencapai rata-rata 1000 detak permenit.
4.       Detak Jantung Tidak Memerlukan Tubuh.
Jika anda pernah melihat tayangan jantung yang tetap berdetak meskipun diluar tubuh, itu adalah kenyataaan. Jatung bisa berdetak, karena menghasilkan impuls listrik sendiri. Selama jantung masih menerima pasokan oksigen yang cukup, jantung tetap bisa berdetak meskipun terpidah dari tubuh.
5.       Manusia Telah Belajar Sejak Jantung Ribuan Tahun.
Tulisan-tulisan awal sistem peredaran darah sudah ada dalam Papirus Ebers, sebuah dokumen medis Mesir abad ke-16 SM. Papirus ini diyakini menggambarkan hubungan fisiologis antara jantung dan arteri, yang menyatakan bahwa setelah seseorang bernafas udara ke paru-paru , udara memasuki jantung dan kemudian mengalir ke arteri. (Masih belum mengenal fungsi sel darah merah)
Menariknya, Mesir kuno yang cardiocentric, mereka percaya hati, bukan otak, adalah sumber emosi, kebijaksanaan dan memori. Bahkan, selama proses mumifikasi, mereka dengan hati-hati mengambil liver,jantung dan organ lainnya untuk disimpan, tetapi menyedot otak melalui hidung dan membuangnya.
6.       Selama 1500 Tahun, Dokter Mengikuti Model Yang Salah
Pada abad ke-2, dokter dan filsuf Yunani Galen dari Pergamon mengenalkan sistem perdaran darah. Dia benar soal bahwa sistem melibatkan vena (merah gelap) dan arteri darah (merah), dan bahwa kedua jenis memiliki fungsi yang berbeda.
Namun,dia juga berpendapat bahwa sistem peredaran darah ada dua (untuk arteri dan vena) bukan sebagai kesatuan tunggal. Hati adalah organ yang mengkonsumsi vena dan Ia juga berpikir jantung adalah organ untuk menghisap darah, bukan sebagai pumpa.
Teori Galen dipakai sebagai landasan kedokteran Barat sampai tahun 1600-an, hingga dokter Inggris William Henry menggambarkan sirkulasi darah dengan benar.
7.       Sel darah Merah Adalah Sel Yang Spesial
Tidak seperti kebanyakan sel-sel lain dalam tubuh, sel-sel darah merah tidak memiliki inti. Kurang struktur internal yang besar, masing-masing sel darah merah memiliki lebih banyak ruang untuk membawa oksigen yang dibutuhkan tubuh. Tapi tanpa inti, sel-sel tidak membelah diri atau mensintesis komponen seluler baru.
Setelah beredar dalam tubuh selama sekitar 120 hari, sel darah merah akan mati akibat penuaan atau kerusakan. Tapi jangan khawatir – sumsum tulang Anda terus-menerus memproduksi sel-sel darah merah baru untuk menggantikan mereka yang mati.
8.       Putus Cinta Bisa Membuat Patah Hati.
Patah Hati (jantung) adalah kondisi yang bisa benar-benar terjadi saat anda putus cinta. Sebuah kondisi yang disebut stres kardiomiopati, Karena otot jantung (miokardium) anda melemah secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan gejala mirip dengan yang dari serangan jantung, termasuk nyeri dada, sesak napas dan nyeri lengan.
Kondisi ini juga dikenal sebagai “sindrom patah hati” karena dapat disebabkan oleh sebuah peristiwa emosional stres, seperti kematian orang yang dicintai atau perceraian, perpisahan atau pemisahan fisik dari orang yang dicintai.
9.       Terobosan Ilmu Peredaran Darah Karena Percobaan Pada Diri Sendiri
Kateterisasi jantung adalah prosedur medis umum yang digunakan hingga hari ini, menggunakan penyisipan kateter (suatu tabung panjang tipis) ke dalam pembuluh darah pasien dan dikirim ke jantung. Dokter dapat menggunakan teknik ini untuk melakukan sejumlah tes diagnostik pada jantung, termasuk mengukur kadar oksigen di berbagai bagian organ dan memeriksa aliran darah di arteri koroner .
Dokter Jerman Dr Werner Forssmann menemukan prosedur ini pada tahun 1929 – ketika ia melakukan itu pada dirinya sendiri.
10.   Darah Memang Punya Berbagai Warna (tapi tidak ada yang biru)
Darah kaya oksigen yang mengalir melalui arteri dan kapiler berwarna merah cerah. Setelah menyerah oksigen ke jaringan tubuh Anda, darah Anda menjadi merah gelap saat kembali ke jantung Anda melalui pembuluh darah Anda.
Meskipun pembuluh darah kadang-kadang terlihat biru melalui kulit Anda, itu bukan karena darah Anda adalah biru . Warna menipu hasil pembuluh darah Anda dari cara panjang gelombang cahaya yang berbeda menembus kulit Anda, diserap dan mencerminkan kembali ke mata Anda.
Tapi bukan berarti tidak ada darah biru. Darah moluska dan beberapa arthropoda tidak memiliki hemoglobin yang memberikan warna kemerahan seperti darah manusia, tetapi berisi hemocyanin protein. Hal ini membuat darah malah menjadi berwarna biru tua ketika darah mereka mengangkut oksigen.
11.   Hidup Diluar Angkasa Berpengaruh Pada Sitem Peredaran Darah
Di Bumi, darah seseorang cenderung mengalir menuju kaki karena gravitasi (vena-vena kaki memiliki katup yang membantu untuk mempertahankan aliran darah dari kaki kembali ke jantung).
Hal-hal yang berbeda bila diluar angkasa. Darah berkumpul pada bagian dada dan kepala (fenomena yang disebut pergeseran cairan), menyebabkan astronot mengalami hidung tersumbat, sakit kepala dan wajah bengkak. Pergeseran cairan ini juga menyebabkan jantung bertambah besar sehingga dapat menangani peningkatan aliran darah di daerah sekitarnya organ .
Meskipun tubuh memiliki jumlah yang sama cairan seperti sebelumnya, otak dan sistem tubuh yang lain menafsirkan pergeseran cairan sebagai peningkatan mendadak dalam cairan keseluruhan. Sebagai tubuh menggunakan beberapa proses yang berbeda untuk menyingkirkan kelebihan cairan, mengakibatkan pengurangan secara keseluruhan dalam volume darah yang bersirkulasi.

#sumber: http://blog.jilbab-muslimah.com/11-fakta-mengejutkan-sistem-peredaran-darah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar